Selasa, 17 November 2015

Ketemu IDOLA IDOLAKU dimasa SMP


dear my diary....
IDOLAKU DI MASA SMP
membawa perubahan besar
dari seorang anak PENDIAM
kemudian bisa menjadi PELOPOR

sudah sejak lama
IRI
setiap kumpul kumpul
teman teman masa SMP
terlihat foto di FACEBOOK
aku nggak pernah diajak

sudahlah....
mungkin aku bukan orang penting
SEPERTI KEBANYAKAN MEREKA
sudah sukses
perusahaan berkembang pesat
enterpreneur sukses
punya anak yang bisa dibanggakan
sedang aku?

aku hanyalah pecundang
dimasa SMP pecundang
kini masih pecundang
sedihnya
hiks....














masa SMP
aku hanyalah anak
dengan RANGKING BUNTUT
istilahnya ....
"JURU KUNCI"
ditinggal
di RANGKING PALING BELAKANG

aku murid yang BODOH


dari pengalamanku ini
lahir inspirasiku
untuk membuka
SANGGAR EDUKASI

EDUKASI diluar pelajaran sekolah
dilakukan para orang tua
mengajari anaknya 
ilmu berdagang
ilmu berkesenian
ilmu toleransi
ilmu sosial

tanpa uang
tanpa sekolah

karena tiap anak
BERBEDA KEMAMPUAN

sedang di sekolah
hanya "TARGET"
yang penting ada UANG
yang penting ada NILAI
yang penting ada LAPORAN
yang penting ada RAPORT

awal masuk SMP NEGERI 3 SURABAYA
senang bukan main
seperti PRAJURIT KECIL
yang masuk ISTANA KERAJAAN
dan bersenang senang di dalamnya

kemudahan KONG KALIKONG
orang tuaku dengan
DINAS PENDIDIKAN
memuluskan aku mendapat DANEM nilai
dengan NILAI YANG TAK NORMAL

semua teman juga CURIGA
aku tidak begitu pandai
namung nilai DANEM juara ke 2
dari tingkat sekolah
langsung masuk SMP NEGERI

perubahan SD
ke SMP
membuatku bingung

di SD
tanpa belajar
aku sudah mendapat 
NILAI MEMUASKAN

ternyata di SMP tidak
aku tidak belajar
pasti dapat nilai NOL

dari situlah
aku TIDAK PUNYA TEMAN

semua anak memandang
SEBELAH MATA

sudahlah....
hanya kenangan lama

dari seorang anak yang pendiam
diam diam 
AKU PUNYA IDOLA

WINDIARTO
NANANG
INDRA
FIRMANSYAH NOVI
MIKE
IRA

ketika REUNI tahun lalu
aku ingin menemui mereka
hanya MIKE
yang akhirnya ketemu
dan menjadi akrap

ketika hari ini MIKE
mengajakku dalam rapat pertemuan
untuk REUNI PERAK
jadinya tidak aku sia siakan

AKU BOLOS KULIAH
karena kalau nanti kuliah
aku tidak akan boleh pulang
karena aku tanggung jawab 
JADI SUTRADARA

ya aku pikir
RAPAT INI HANYA SEKALI
kesempatan tidak datang dua kali

JADI SUTRADARA
teman teman marah
masa bodoh
aku bisa membayarnya
toh besok masih bisa ketemu

RAPAT REUNI kali ini
tentu saja tidak setiap saat
kumpulan orang orang sibuk
pasti semuanya menyempatkan waktu
untuk berkumpul


aku akan bercerita tentang IDOLAKU

WINDIARTO
jadi inspirasiku
aku anak pendiam
bersuara lirih
ngomong sering dicuekin
ngomong sering dikacangin
karena ngomong nggak jelas

WINDI
bisa BERSUARA KERAS
menjadi PEMIMPIN UPACARA
dulu rasanya tidak mungkin untuk 
menjadi seperti dia

namun kini....
AKU MAMPU BERSUARA KERAS
berkat didikan PMR
berkat didikan KAMRA
berkat didikan SATKAM PT PAL
berkat didikan LINMAS HANSIP
berkat didikan RESIMEN YUDHA PUTRA

berulang kali memimpin pasukan upacara
pengennya sih
jadi PEMIMPIN UPACARA 
kayak WINDI
tapi kapan ya?
belum ada kesempatan

WINDI
jadi PENYEMANGATKU
mungkin dia lupa
tapi aku selalu ingat
JASA DIRINYA

ketika LOMBA MENGGAMBAR
aku tidak bisa menggambar

aku dipilih
mungkin saat itu
hanya untuk memenuhi kuota

windi dengan tenang 
mengajari aku TIPS
mengajari aku TRIK
sederhana untuk MENGGAMBAR

menulis huruf arab ALLAH
kemudian...
tinggal DIBERI BAYANGAN
itu tok til

ketika diumumkan kembali
ternyata tiap kelas
dibatasi 2 anak 
untuk lomba menggambar

di kelas 1F
ada 3 anak
AKU DWI HANDOKO
SYARIF
DARMANTO

berharap cemas
karena kami bertiga
semuanya ingin ikut lomba

kelas lain hanya 2 orang
kelasku ada 3 orang

ketika diumumkan 
kertas pengumuman
ditempel di pintu aula
nama kami bertiga ADA
kami bersorak senang

begitu bahagianya

ketika lomba 
BEGITU MENEGANGKAN
(alaaaaa........
lomba ngono tok ae cak
ora mewakili negara
senenge kok ora eram)

bukan itu masalahnya
perasaan anak kecil
kelas SATU SMP
tentu beda
ini mungkin lomba pertamaku
di SMP

lomba berlangsung
aku tidak perhatian pada orang lain

ketika berlangsung
kakak senior panitia
berulang kali
mendekati aku
melewati aku

kemudian dengan ramah 
dia bertanya.....
"mau ganti kertas?"

pertanyaan aneh
aku tidak melakukan kesalahan
ketika menggambar

kertas ukuran A3
aku hanya menggambar di tengah
tulisan nama ALLAH
dengan goresan warna TIPIS
kemudian dipinggirnya
aku terangkan dengan BOXI

KETIKA DIKUMPULKAN
aku baru sadar pertanyaan 
kakak senior panitia tadi

JANTUNGKU HAMPIR COPOT
aku ....... DOWN.....

semua gambar teman teman
bervariasi
ada kaligrafi 
dan rata rata seluruh kertas
penuh dengan warna

sedangkan punyaku
tulisan nama ALLAH
dengan dasar "putih"
alias tidak aku beri warna

gambar gambar kaligrafi
ada yang pake cat air
ada yang pake cat lebih mahal
ada yang pake cat lebih kental
AKU TIDAK TAHU JENIS CAT ITU

kaligrafi arab
bentuk PISTOL
bentuk WAYANG
bentuk BINGKAI TULISAN ARAB

beruntung
aku bisa melihat 
dan membolak balik
kertas yang sudah dikumpulkan

aku tidak tahu perasaanku 
saat itu seperti apa
sedih tidak
kecewa tidak
namun detik ini jadi SAKIT
SAKITNYA TUH DISINI
DI DALAM HATIKU

dari saat WINDI
memberi kesempatan
dengan sabar dia ngajarin
dari proses lomba
hingga tau gambar yang lain
dari para peserta
jadi berkesan



aku jadi giat latihan menggambar
sayangnya gambarku 
tidak sempat aku kirim
ke MAJALAH SEKOLAH SMP
ke MASPRATA

KETIKA AKU KELAS 3 SMP
aku punya IDOLA pelukis
namanya NANANG

mungkin NANANG
dan aku
punya idola sama
ADA PELUKIS 
pada MAJALAH HAI

tapi buat apa IDOLA jauh jauh
aku ingin INSPIRATOR 
yang ada di dekatku
yakni NANANG

NANANG inilah
yang mendorong diriku
untuk mengirim gambar 
di MAJALAH SEKOLAH
di MASA SMA
sehingga aku bisa 
beken seperti dia









walau tidak kesampaian menggambar
di COVER DEPAN MAJALAH 
seperti punya NANANG
namun...
aku bisa menggambar ilustrasi
COVER BELAKANG
di MAJALAH SEKOLAH SMA
hingga mendapat jabatan
WAKIL PEMIMPIN REDAKSI 
jabatan yang cukup tinggi
awalnya hanya ingin menjabat
menjadi ILUSTRATOR
ternyata apresiasi yang aku dapat
setinggi NOMER DUA
menjadi WAKIL PEMIMPIN REDAKSI









bukan hanya itu
aku sampai tembus JAWA POS
berkat inspirasi NANANG juga

selain pandai menggambar
dia juga pandai melucu
dia orang paling kocak di kelas

teman lainnya 
yang jadi idola di kelas
adalah INDRA
aku suka karena dia ramah
kami satu jalur yang sama
naik sepeda menuju sekolah
aku sering menyapanya 
dan dia menjawab
walau dengan cuek
dan muka datar

tapi sayangnya 
NANANG dan INDRA
teman yang sombong
yah....
karena dia punya banyak penggemar

lain dengan IDOLAKU
FIRMANSYAH NOVI
dia jadi idola semua banyak cewek
karena dia TAMPAN

dari caranya bersikap
dia ramah dan tidak sombong
berwibawa
tanpa emosi

yang aku suka
dia suka menghampiri 
orang orang TIDAK PENTING

orang kalau banyak idola
biasanya SOMBONG
dan suka JAGA JARAK
dan suka JAIM

tapi FIRMAN TIDAK
dia jadi INSPIRASIKU
hingga kini

dulu aku 
ORANG TIDAK PENTING
kini mungkin
AKU ORANG PENTING
tapi aku selalu mencoba
mendekati orang orang 
tidak penting

mencoba 
MENYAPA
mencoba
NGAJAK NGOBROL
mencoba
PERHATIAN
walau sekecil apa pun
inspirasiku dari FIRMANSYAH NOVI


ketika SMP
ada pelajaran TARI
kami disuruh untuk memilih sendiri
pasangan masing masing

ini sungguh berat
karena aku anak pendiam
tidak punya teman
anak paling bodoh
walau sedikit tampan


NANANG berpasangan
dengan IRA

INDRA berpasangan
dengan MIKE

pasangan IDOLAKU semua

ketika melihat mereka menari
rasanya ingin teriak
seperti melihat
KONSER CHERYBELLE
KONSER SMASH

MIKE jadi IDOLAKU
sebenarnya dia MUSUHKU
semasa SMP 
dia anak yang pandai bergaul
namun sering kali BIKIN JENGKEL

yang membuat aku SUKA
dia pandai "menyakiti"
namun pandai pula
"meminta maaf"
caranya?
bukan dengan bersalaman
dan berkata
"aku minta maaf"
tapi caranya unik
dia selalu memancing
dengan lelucon
dan memaksa aku 
untuk tertawa
dikala aku masih JENGKEL


CARA MIKE MEMINTA MAAF inilah
masih aku pakai sampai sekarang
thanks MIKE
dan diam diam saat itu
aku menggambar dirinya
di masa SMP itu
dalam sket buku harianku

dan yang terakhir adalah IRA
wow
aku luar biasa sekali ingin
menjadi pasangan dirinya
untuk pelajaran menari

mungkin IRA bukan cewek yang menarik
justru cewek yang culun
justru cewek yang lugu
leluconnya tidak ada yang lucu
cewek berkacamata
cewek rambut panjang diklabang
cewek dengan rok panjang
jelas bukan cewek seksi bukan?

bukannya aku tertarik secara seks
namun setiap anak pasti punya tipe kan?

rasanya pasangan menari
bisa menunjukkan gengsi kita
siapa pasanganmu
akan menentukan kwalitasmu
yah....
seperti kamu cari pacar saat dewasa
kalau punya pacar menarik
good looking
tentu dapat pujian kan?

tapi entah mengapa 
aku memilih IRA
justru aku memilih gadis 
yang tidak populer

untuk memulai bilang....
"mau jadi pasangan tariku?"
itu begitu suuuuuuuuuuuuulit

tiap mendekati IRA
rasanya mulut terkunci
mencari sela ketika dia diam
sulitnya bukan main

hingga sampai pada hari terakhir
mengumpulkan nama pasangan
ternyata IRA berpasangan dengan 
NANANG idolaku juga

aku menyerah
aku pasrah
aku ikhlas
karena NANANG 
lebih baik dariku
lebih keren dariku
lebih terkenal dariku

lihat link youtube:



seperti iklan MC DONALD
ketika naksir
ternyata ada orang lain
dan menyerah

di saat aku MENYERAH
ternyata aku juga 
JADI IDOLA
untuk gadis lain

bernama SRI
ketika ketua kelas bertanya
"siapa pasanganmu?"
SRI menjawab
"handoko...... eh tidak tidak"
SRI masih ragu
dan dia belum ijin padaku juga
aku dibelakangnya
dan langsung bilang.....
"iya aku pasangan SRI"

SRI gadis biasa
tidak cantik
tidak jelek
sederhana
sedang sedang saja

setengah bersyukur
karena ternyata
pasangan nari
DATANG DENGAN SENDIRINYA

ketika berpasangan menari
aku seperti suami 
yang ingin selingkuh
berpasagan dengan SRI
tapi selalu memandang 
cewek lain

kalau hendak berpasangan dengan MIKE
rasanya tidak mungkin
dia levelnya jauuuuuuuh lebih tinggi
dari diriku
dia IDOLA banyak orang
pasangan tinggal pilih
dan ternyata 
IDOLA ketemu IDOLA

saat menari 
aku selalu melihat 
pasangan MIKE dan INDRA
pasangan IRA dan NANANG

orang BEKEN
berpasangan BEKEN

huuuuuufffff
kisah lucu
seorang anak SMP
yang lugu
yah....
itulah diriku

saat reuni ini aku bertemu teman teman
IDOLA IDOLAKU

bertemu 
WINDIARTO
MIKE
IRA

tinggal menunggu
kapan aku ketemu 
idolaku yang lain?

peristiwa rapat reuni
Surabaya, Senin 2 November 2015

ditulis 
Surabaya, Selasa 17 November 2015


lihat tulisan yang sama di BLOG ku yang lain:
http://bukuhariandwihandoko.blogspot.co.id/2015/11/ketemu-idola-idolaku-dimasa-smp.html
http://masasekolahdwihandoko.blogspot.co.id/2015/11/ketemu-idola-idolaku-dimasa-smp.html

buka facebookmu dulu baru klik link FAN PAGE di bawah ini:
https://www.facebook.com/CakHandokoLudruk999
(jangan lupa di LIKE ya)

buka facebookmu dulu baru klik link di bawah ini:
https://www.facebook.com/bukuharian.dwihandoko
https://www.facebook.com/masasekolah.dwihandoko
https://www.facebook.com/masakecil.dwihandoko
(jangan lupa di add ya)

buka twittermu dulu baru klik link di bawah ini:
https://twitter.com/DiaryHandoko
https://twitter.com/HandokoSekolah
https://twitter.com/DwiHandokoKecil
(jangan lupa di follow ya)

buka google plusmu dulu baru klik link di bawah ini:
https://plus.google.com/+BukuHarianDwiHandoko
https://plus.google.com/+MasaKecilDwiHandoko
(jangan lupa di add ya)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar